UNTUK PERENCANAAN
MI AL-IQOMAH
KP. CIBUNGUR DESA NANGGEWER KECAMATAN PAGERAGEUNG KABUPATEN TASIKMALAYA
STRENGTH (KEKUATAN ) 1.
Sumber daya tenaga
pendidik cukup memadai dengan
kualifikasi S 1 2.
Sebagian Guru sudah
tersertifikasi 3.
Adanya dana Biaya
Operasional Sekolah/BOS 4.
Struktur Organisasi Madrasah
Lengkap 5.
Madrasah mempunyai
Progran Rencana Kerja Jangka Menengah 4 tahun 6.
Situsi kondisi
disekitaran lingkungan madrasah cukup kondusif dengan lingkungan alam yang
masih asri dan udara yang masih bersih, segar yang bisa dikatakan sangat jauh
dari polusi udara 7.
Prestasi Akademik Sains
dan Matematika cukup baik dengan Prestasi KSM tingkat Privinsi JABAR ke 4 Tahun
2022 8.
Pendidikan karakter siswa
telah muncul sedikit demi sedikit dengan penanaman akhlak sehari-sehari |
OPPORTUNITIES (KESEMPATAN) 1.
Usia Guru relatif masih
muda 2.
Partisipasi gotong royong
masyarakat kepada madrasah masih tinggi 3.
Ada kesempatan untuk
memperluas lahan untuk pembangunan ruang madrasah 4.
Madrasah memanfaatkan
mesjid terdekat untuk sarana praktek ibadah dan kegiatan keaagamaan lainnya 5.
Kesempatan madrasah
swasta lebih berinovasi dalam penyusunan program 6.
Madrasah yang unggul di
bidang akademik dan non akademik |
WEAKNESS (KELEMAHAN) 1.
Sebagian Guru belum cukup
memenuhi masa kerja 2.
Aturan Sertifikasi lebih
rumit dibanding tahun kebelakang 3.
Pencairan BOS tidak tepat
waktu 4.
Sulitnya pelaporan karena
perencanaan dan realisasi kurang sesuai 5.
Belum ada petugas khusus
untuk mengelola keuangan 6.
Pasilitas sarana dan
prasarana belum memadai/belum lengkap ( Ruang Kelas, WC, Ruang Praktek,
Perpustakaan, Mesjid dan Aula
Pertemuan ) 7.
Meja Kursi belum
memadai/kurang 8.
Belum ada Ruang
Laboratorium 9.
Struktur kepengurusan
yang ada kurang berfungsi 10.
Program RKJM 4 tahun
belum di turunkan ke Program Tahunan 11.
Letak madrasah berada di
pegunungan sehingga akses jalan kurang terjangkau oleh kendaraan |
TREATMENT { ANCAMAN } 1.
Guru madrasah cenderung
mutasi karena kesempatan mendapat P3K lebih luas 2.
Belum ada perlindungan
hukum kepada Lembaga dan Guru 3.
Pemahaman masyarakat
tentang juknis BOS belum faham semua 4.
Karena terlalu banayaknya
program sehingga program utama kurang oftimal. 5.
Kondisi geografis
memungkinkan berakibat longsor |
Pembuatan EDM (Evaluasi Diri
Madrasah) LK 1.1
INSTRUMEN EVALUASI DIRI MADRASAH 2021
A. Aspek Kedisiplinan Warga Madrasah
Kode Soal |
Pertanyaan |
Jawaban |
Bukti |
Deskripsi |
A.1 |
Siswa
menunjukkan perilaku religius dalam aktifitas sehari-hari di madrasah |
Tingkat - 3 |
A-1_a.1.pdf |
Dalam
dua semester terahir siswa MIS Al Iqomah 95% aktip mengikuti program solat berjamaah,tadarus dan inpaq mingguan |
A.2 |
Guru
hadir di madrasah melakukan fungsi
pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah baik secara
daring maupun luring |
Tingkat - 4 |
A-2_a.2.pdf |
Dalam dua semester terahir
di MIS Al iqomah
100% guru hadir madrasahsesuai
kalender akademik melakukan pembelajaran |
A.3 |
Kepala madrasah atau guru senior yang
ditugasi dengan Surat Keputusan (SK)
melakukan supervisi proses pembelajaran terhadap seluruh guru |
Tingkat - 3 |
A-3_a.3.pdf |
Dalam
2 semester terahir kepala madrasah Al Iqomah melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil
supervisi terhadap 90% guru |
A.4 |
Siswa
hadir di madrasah mengikuti pelajaran baik daring
ataupun luring sesuai jadwal yang ditetapkan |
Tingkat - 3 |
A-4_a.4.pdf |
Dlam dua semester terahir siswa MIS Al Iqomah 95 % hadir mengikuti pembelajaran sesuai kalender pendidikan |
A.5 |
Siswa aktif membaca/meminjam buku
yang tersedia di perpustakaan (termasuk perpustakaan digital)r |
Tingkat - 3 |
A-5_a.5.pdf |
Dua semester terahir
di MI Al Iqomah sebanyak 80 % siswa
aktip memnjam buku
di perpustakaan |
A.6 |
Madrasah
terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan |
Tingkat - 3 |
A-6_a.6.pdf |
Dalam
dua semester terkhir madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja
pendidik |
A.7 |
Madrasah
secara rutin melakukan pertemuan
dengan guru dan tenaga kependidikan,
dan komite madrasah/ perwakilan orang
tua untuk melakukan evaluasi diri
terhadap kinerja madrasah dalam rangka pemenuhan 8 Standar |
Tingkat - 3 |
A-7_a.7.pdf |
Dalam dua semestererahir madrasah melaksanakan
2xpertemuan rutin dengan
guru,komite dan perwakilan orangtua |
Kode Soal |
Pertanyaan |
Jawaban |
Bukti |
Deskripsi |
|
Nasional Pendidikan baik secara
daring maupun luring |
|
|
|
B. Aspek Pengemabangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan
Kode Soal |
Pertanyaan |
Jawaban |
Bukti |
Deskripsi |
B.1 |
Kepala Madrasah aktif mengikuti kegiatan pengembangan diri |
Tingkat - 4 |
B-1_b.1.pdf |
Dalam
2 semester terahir kepala madrasah aktip mengikuti pelatihan |
B.2 |
Guru
aktif mengikuti KKG/MGMP atau kegiatan
sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi baik secara
daring maupun luring |
Tingkat - 4 |
B-2_b.2.pdf |
Dalam
dua semester terahir 90 % guru MI Al Iqomah
aktip mengikuti kegiatan KKG |
B.3 |
Kepala
Madrasah membuat perencanaan program peningkatan mutu pembelajaran bagi
guru |
Tingkat - 3 |
B-3_b.4.pdf |
Dalam satu tahun terahir madrasah merencanakan
80 % guru engikuti program peningkatan mutu guru |
B.4 |
Tenaga kependidikan di madrasah aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop/ bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan baik secara daring maupun
luring |
Tingkat - 3 |
B-4_b.4.pdf |
Dalam
dua semester terahir 80% tenaga kependidikan aktip mengikuti kegiatan pelatihan |
C. Aspek Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran
Kode Soal |
Pertanyaan |
Jawaban |
Bukti |
Deskripsi |
C.1 |
Guru mengembangkan RPP sesuai
ketentuan yang berlaku |
Tingkat - 4 |
C-1_c.1.pdf |
Dalam dua semester terahir guru
aktip menyusun RPP |
C.2 |
Guru
menggunakan metode pembelajaran yang sesuai
karakteristik siswa dan materi pembelajaran |
Tingkat - 4 |
C-2_c.2.pdf |
Dalam dua semester terahir 90% guru MI Al Iqomah telah menggunakan metode pembelajaran yang berpariasi |
Kode Soal |
Pertanyaan |
Jawaban |
Bukti |
Deskripsi |
C.3 |
Guru
menggunakan media pembelajaran (termasuk media
berbasis TIK) yang sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran |
Tingkat - 3 |
C-3_c.3.pdf |
Dalam dua semester terahir
guru MI Al Iqomah menggunakan media pembelajaran yang sesuai |
C.4 |
Guru melakukan penilaian otentik dalam
proses pembelajaran |
Tingkat - 3 |
C-4_c.4.pdf |
Dalam
dua semester terahir 85 % guru
MI Al Iqomahelakukan penilaian autentik |
C.5 |
Guru melakukan penilaian terhadap siswa |
Tingkat - 3 |
C-5_c.5.pdf |
Dalam
dua semester terahir guru melakukan penilaian terhadap siswa |
C.6 |
Guru
memanfaatkan hasil penilaian untuk
perencanaan program remedial, pengayaan dan perbaikan proses pembelajaran |
Tingkat - 3 |
C-6_c.6.pdf |
Dalam
dua semester ahir gurumelakukan penilaian untuk
bahan remedial,pdan perbaikan pemelajaran |
C.7 |
Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan secara rutin |
Tingkat - 3 |
C-7_c.7.pdf |
Dalam
dua semester terahir madrasah menyelenggarakan program remedial |
D. Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran
Kode Soal |
Pertanyaan |
Jawaban |
Bukti |
Deskripsi |
D.1 |
Buku
teks dan bacaan, baik cetak maupun
digital, tersedia di madrasah |
Tingkat - 3 |
D-1_d.1.pdf |
Ddua semester terahir buku di MI Al qomah 90 % berbentuk cetakan |
D.2 |
Media/alat
peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal |
Tingkat - 3 |
D-2_d.2.pdf |
Dalam dua semester terahir guru
memanpaatkan media pembbelajaran secara
optimal |
D.3 |
Alat
peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan
MA) tersedia di madrasah |
Tingkat - 2 |
D-3_d.3.pdf |
Dalam dua semester terahir kurang dari 70 alat peraga tersedia di labolatorium |
D.4 |
Guru
menggunakan buku teks dalam bentuk
cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran |
Tingkat - 4 |
D-4_d.4.pdf |
Dalam dua semester terahir
guru MI Al Iqomah menggunakan buku tek pembelajaran dalam pembelajaran |
Kode Soal |
Pertanyaan |
Jawaban |
Bukti |
Deskripsi |
D.5 |
Siswa menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran |
Tingkat - 3 |
D-5_d.1.pdf |
Dalam dua semester terahir siswa menggunakan buku tek dalam pembelajaran |
E. Aspek Perencanaan Pembiayaan
Kode Soal |
Pertanyaan |
Jawaban |
Bukti |
Deskripsi |
E.1 |
Madrasah menyusun rencana kerja dan anggaran madrasah dalam e-RKAM |
Tingkat - 3 |
E-1_e.1.pdf |
Dalam
dua semester terahir madrasah menyusun ERKAM dengan
melibatkan warga madrasah,komite madrasah |
E.2 |
Madrasah
menyediakan bantuan biaya bagi guru dan tenaga
kependidikan yang mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di luar madrasah |
Tingkat - 4 |
E-2_e.1.pdf |
Dalam
dua semester terahir madrasah
menyediakan anggaran bagi guru untuk
mengikuti pelatihan dalam peningkatan mutu |
E.3 |
Madrasah
telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang
tua siswa/masyarakat |
Tingkat - 4 |
E-3_e.3.pdf |
Dalam
satu tahun trahir madrasahtelah membuat laporan keuangann dan tela melaporakan pada masyarakat melalui komiteu madrasah |
No comments:
Post a Comment